Apakah grooming kamu sudah sesuai?

Seperti kita ketahui bahwa setiap karyawan hotel umumnya memiliki penampilan yang profesional dan good looking. Tentunya dibalik rapihnya karyawan hotel, terdapat aturan yang dikenal dengan “Grooming Standard”.

             Tujuan dari aturan ini adalah agar tamu merasa senang ketika melihat dan dilayani oleh karyawan hotel yang ramah, bersih dan rapi. Dengan demikian tamu hotel akan menilai jika seluruh staff memberikan pelayanan terbaik mereka dan merasa yakin terkait kualitas hotel tersebut.

           Ada beberapa aturan grooming yang umumnya diterapkan dalam dunia perhotelan. Beberapa peraturan ini umumnya bisa berbeda, tergantung dengan rules perusahaan yang sudah diterapkan. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan yang ada.

           Didalam dunia society, kita sering mendengar istilah “ Don’t judge a book by its cover “  Quote ini seringkali diucapkan supaya kita jangan hanya menilai seseorang berdasarkan penampilan luarnya saja. Namun untuk dunia kerja profesional , terlebih lagi di Hospitality Industry , quote ini rasanya kurang sesuai  karena bagaimanapun juga penampilan diri seseorang akan menjadi hal yang sangat penting atau vital. Kenapa penting ? Karena penampilan diri merupakan cerminan diri atau kepribadiaan seseorang.

            Orang  yang berpenampilan menarik, rapi dan serasi tentunya akan disukai oleh orang lain dan memberikan kesan sebagai orang yang berkepribadian baik. Sebaliknya apabila kita bertemu dengan seseorang yang kurang memperhatikan penampilan dirinya, tampil serampangan,  pasti akan dinilai sebagai orang yang berkepribadian kurang menarik. Itu sangat lumrah, karena penampilan diri seseorang akan memberikan kesan pertama atau first impression.

           Kesan pertama seseorang melihat kita bisa jadi menentukan apakah mereka akan bersikap terbuka kepada kita atau tidak, walaupun hanya sekadar untuk mengobrol biasa. Nah, muali sekarang, sebagai Hospitality Person , kamu harus benar-benar memperhatikan grooming standard agar selalu menampilkan kesan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *